jangan marah

judulnya berasa jadi penginget selalu. berasa ngomong ama diri sendiri. selalu. semoga.

stase baru. orang-orang baru. IKM namanya. tempat dan saat belajar tentang yang namanya sistem informasi kesehatan. ya semacam manajemen. lumayan seru, gak perlu terpapar ama pasien. belajar ala orang kantoran. sibuk ngelaptop, buka-buka berkas, ngitung-ngitung, diskusi, bla bla bla.. menguras tenaga? iya. emosi? apalagi. gak bisa kerja sendirian. leha leha dan jadi deadliner kaya’ pas famed haha. kalo sekarang ada yang nungguin dan ditagih mulu tugasnya .__. dan lagi pas departemen ini juga ada penilaian dinamisasi kelompok. jadi ya harus pinter-pinter nenggang rasa antar sesama.

salah satunya. belajar mengendalikan emosi.

jangan marah.

mau semarah apapun kamu ama orang, jangan ampe ngelakuin hal-hal yang bakal bikin kamu nyesel ntar *ngomong ama cermin*. mau dikeluarkan lewat kata-kata atau tindakan, sama menyakitkan nya kalo dilakukan dalam keadaan tidak mawas diri(?), marah contohnya.

word’s hurt. don’t be a part of it. ini kata-kata yang pernah diliat di youtube tentang anti-bullying campaign. segitu seremnya efek kata-kata kalo nyakitin. yang ngomong mah mungkin gampang kali ya, dengan berbagai alasan kemudian melukai hati saudaranya dengan kata-kata yang menyakitkan. saya gak pernah suka ama situasi dimana saya harus jadi orang yang menyaksikan kemarahan itu mengalir lewat kata-kata. apalagi saya yang dimarahin. ah, saya emang cinta damai ternyata haha. percaya lah. berpikir dengan kepala dingin jauh lebih baik efeknya. lebih banyak mendengarkan, lebih banyak berpikir, lebih gampang menyelesaikan masalah, gak buang-buang energi, dan menahan diri dari dosa lisan.

gak salah kan ya kalau berprasangka baik ama saudara sendiri?

Abu Hurairah ra. berkata, seorang laki-laki berkata kepada Rasulullah saw., “Berilah aku nasehat.” Beliau menjawab: “Jangan marah.” Beliau mengulanginya beberapa kali, “Jangan marah.” (HR Bukhari)

Iklan

One response to “jangan marah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s